Rencana travelling

1. Waktu, hari dan tanggal harus ditetapkan secara pasti. Sebaiknya, traveling khususnya ke luar negeri harus direncanakan minimal satu bulan sebelum keberangkatan. Pada hari keberangkatan pun, minimal 2 jam sebelum jam keberangkatan kita sudah harus berada di bandara Soekarno Hatta.

Persiapan pembelian ticket pesawat, hotel dan ticket masuk tempat wisata hendaknya dibeli secara online. Untuk efisiensi waktu (tidak repot mengantri), tenaga dan biasanya lebih murah jika membeli via online. Pilih jasa yang terpercaya di online.

2. Rajin browsing atau mencari informasi tentang negara tujuan. Mulai dari Tour n travel yang akan diikuti, hotel yang akan dituju, alat transportasi termudah di Singapore, armada pesawat mana yang akan dipilih, hingga anggaran biaya yang sekiranya akan dikeluarkan selama travelling.

3. Persiapkan mental dan fisik untuk melakukan travelling. Walaupun travelling hanya untuk waktu sebentar, misalnya hanya untuk selama dua atau tiga hari.

4. Persiapkan dana yang akan keluar selama travelling. Sebaiknya persiapkan dana agak lebih, jangan terlalu mepet. Bagi yang mempunyai kartu kredit, persiapkan kartu kredit yang mudah digunakan di luar negeri.

5. Bagi yang belum mempunyai paspor, hendaknya membuat paspor minimal satu bulan sebelum keberangkatan, karena biasanya pembuatan paspor bisa memakan waktu sekitar dua minggu.

Dalam pembuatan paspor, bagi yang namanya hanya dua penggalan, contoh ; Ahmad Hidayat, sebaiknya menaruh satu penggalan nama lagi di belakang, contoh ; Ahmad Hidayat Arief. Biasanya orang-orang menaruh nama keluarga di belakang nama pribadinya. Tiga penggalan ini mempermudah jika kita nanti akan pergi umrah atau haji, karena di negara Arab Saudi, nama minimal tiga penggalan.

6. Menukar uang rupiah ke kurs dollar singapore secukupnya, tidak usah berlebihan. Karena lebih murah menukarkan uang di Singapore, terutama di Mall Singapore. Tukarkan pecahan uang kecil lebih banyak, SGD 5 dan 2.

7. Jika negara tujuan adalah Singapore, hendaknya membawa payung lipat. Karena di Singapore terkadang suka turun hujan secara mendadak.

8. Membawa hand sanitizer, karena hand washer jarang ditemui di Singapore.

9. Yang ini juga jangan lupa, membuat list tempat tujuan yang akan dikunjungi, termasuk perkiraan waktunya. Sehingga waktu tidak terbuang percuma.

0 komentar:

Posting Komentar